MEMAHAMI ADAPTASI ANAK KETIKA BERINTERAKSI DENGAN AL-QUR'AN


Serial Parenting 16

diasuh oleh ustadz Mujiburrahman, SE, M.E.I.
(Mudir Aam Rumah tahfidz athfaaluna Indonesia).

        Selain mengajar , kami juga berupaya memahami perilaku anak, setiap usianya yang bertambah, ada beberapa adaptasi yang harus dipahami orang tua terhadap anak dan di respon dengan positif agar anak semakin senang dan kemampuannya meningkat.
 1. Fase Adaptasi anak ketika  pertama kali masuk di lembaga selama 3 hari, anak biasanya sulit lepas dari orang tua, dan orang tua merasa berat meninggalkan anak, namun jika adaptasi dilalui maka anak akan mudah diatur dan mengajar hafalan Al-Qur'an terasa mudah sebab anak tidak manja lagi.
2.  Fase Adaptasi anak ketika liburan di lembaga, biasanya orang tua tidak biasa memperhatikan mengajarkan Al-Qur'an, sehingga ketika liburan anak waktunya habis bermain dan bermalas-malasan. Jika diatasi dengan menghafal dan membagi waktu dengan baik maka anak semangatnya semakin meningkat.
3.  Fase Adaptasi anak ketika masuk sekolah, biasanya anak dan orang tuanya mengatakan lelah disekolah sehingga perhatian terhadap hafalan anak berkurang  sehingga kemampuan nya menurun jika dilalui dengan suasana hafal di rumah dan lembaga dan Istiqomah  serta menjaga suasana hafalan maka  hafalan terus meningkat.
4. Fase Adaptasi anak ketika membaca, biasanya anak suka membaca perhatian mendengar berkurang jika dilalui dengan mendengar dan membaca dan setor maka kemampuan baca dan menghafal meningkat.
5. Fase Adaptasi anak ketika mandiri, fase ini adalah fase tersulit sebab orang tua dan lembaga harus bekerjasama dengan baik agar anak di bentuk pemahaman terhadap Al-Qur'an bahwa hafalan semata mata karena Allah, dan mengamati apakah anak ketika diberi tugas atau tidak, mereka tetap menghafal, dan apakah anak senang dan betah,! bukan itu saja bahkan apakah anak berupaya memahami dan mengamalkannya ?
      Setiap anak tidak sama , ada yang mudah  melalui fase pertama, kedua atau ketiga saja atau bahkan semuanya ,  Jika Adaptasi ini berhasil dilalui dengan baik bagi anak dan orang tua maka semua aktivitas anak dalam hal, belajar, menghafal , memahami akan terasa mudah, semua ilmu dan amal akan ikut dan terasa mudah.
        Semoga Allah SWTmemudahkan kita semua untuk  melalui fase Adaptasi ini, dengan baik.  Aamiin
Share on Google Plus

About athffaluna

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar